bccfbdg

Mengangkat Kota Lewat Komunitas Kreatif

In tulisan kreatif on June 6, 2011 at 4:18 am
Mengangkat Kota Lewat Komunitas Kreatif
Oleh Rochmat Darodjat
Mengorganisir puluhan anggota dalam satu kelompok saja tidaklah gampang. Lebih-lebih mengatur puluhan komunitas dalam satu organisasi, bisa dibayangkan bukan main sulitnya. Apalagi para anggotanya orang-orang cerdas kreatif yang dituntut punya ego tinggi untuk menghasilkan cipta karya orisinil.  Tapi, sesulit apa pun itu bukan hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Bandung Creative City Forum adalah satu contoh bagusnya. Melalui organisasi yang lebih dikenal dengan nama BCCF itu berbagai komunitas kreatif Bandung menyatu dan berjalan seiringan untuk maju bersama. Bandung Creative City Forum sendiri lahir pada awal 2008 lalu. Awalnya hanya organisasi biasa  yang berdiri cukup dengan nama dan punya anggota. Seiring dengan waktu dan kebutuhan kerjasama dengan pihak-pihak lainnya, mereka pun sepakat untuk membentuk sebuah organisasi yang berbadan hukum yang disusul kemudian pemilihan ketua periode pertama yakni Ridwan “Emil” Kamil.
Meski baru berumur jagung, BCCF sudah menorehkan sejarah dengan penyelenggaraan kegiatan bernama Helarfest di Bandung dua tahun berturut-turut(2008 dan 2009). Helarfest merupakan salah satu program BCCF dalam bentuk unjuk kreatifitas anak-anak bangsa dari mulai festival, workshop, pameran, kompetisi hingga pertunjukkan.  Adapun tujuan akhir penyelenggaran itu sendiri untuk menjadikan Bandung sebagai kota kreatif dengan kompetensi internasional.
BCCF pun menjadi penyelenggara event Semarak!Bandung yang merupakan kegiatan kolaboratif antar komunitas dalam upaya mengembalikan ruang publik kota Bandung yang semakin langka. Kegiatan yang dilaksanakan pada Juli 2010 itu diramaikan dengan berbagai aktifitas. Dari mulai instalasi lampu di Gedung Merdeka, payung berlampu di pinggiran Sungai Cikapundung, Piknik BandungBragakeun Bragaku, sampai video mapping (animasi) berdurasi 15 menit dengan layar bangunan Gedung Merdeka sebagai penutup rangkaian acara Semarak!Bandung.
So, teruslah berkreasi. Jayakan Bandungmu dan Bandungku!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: