bccfbdg

Ngariung TEDxBdg dan AkBer di Simpul Space

In artikel & berita on June 6, 2011 at 3:29 pm

Simpul Space, 5 Juni 2011

@vabyo di Ngariung TEDxBandung - @LarasaTita

Berbagai pengalamannya selama menjadi TKI di luar negri membuat Vabyo (Valiant Budi Yogi) menulis “Kedai 1001 Mimpi”. Tentu saja pengalamannya ini menarik bila disampaikan dan diobrolkan langsung, dan inilah yang terjadi di acara Ngariung TEDxBandung yang pertama. Berbeda dari format TED yang berupa conference, di Ngariung ini pembicara bisa ngobrol lebih santai dengan para hadirin, dengan jumlah yang tidak dibatasi. Acara yang dimulai pk.4 sore ini pun segera penuh dan berlangsung meriah. Bagaimana tidak, dengan subyek pembicaraan yang menarik, dan pertanyaan-pertanyaan yang kritis dan seru. Vabyo yang, sebagai (calon) TKI, mendapat pembekalan dari Depnaker sebelum berangkat merasa bahwa materinya kurang, terutama mengenai budaya/adat masyarakat di negara tujuan. Setibanya di sana pun ia bilang banyak TKI asal Indonesia yang terpaksa mengaku bahwa mereka bukan WNI, karena melekatnya stigma WNI sebagai tenaga kerja yang ‘bodoh’. Ini juga akibat dari adanya agen-agen tenaga kerja yang ‘nakal’, yang mengirimkan TKI yang kurang kompeten, sehingga ketika tiba di negara tujuan mereka tidak bisa apa-apa. Kalalu sudah begini, yang mempekerjakan mereka bisa merasa kesal, karena merasa sudah membayar banyak, tapi tidak memperoleh layanan yang baik. Meskipun begitu, ada juga kisah ‘sukses’ TKI, yaitu yang dinikahi oleh majikannya – meskipun sebagai istri ketiga. Acara diskusi berlangsung seru juga, karena audience-nya cukup antusias. “Apakah KBRI kita memang lemah?”, atau “Kok di sana bisa ada lokalisasi PSK sih?”, dan seterusnya, adalah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan dibahas dengan hangat di sesi ini.

Acara Ngariung berakhir pk.6 sore, setelah jeda sebentar, dilanjutkan dengan acara AkBer (Akademi Berbagi) Bandung pada pk.19:00, menghadirkan Motulz dengan topik “Kreativitas: menghargai proses, menikmati hasil”.

@motulz di Akber Bandung - @LarasaTita

Sesi ini tidak kalah ramainya. Motulz membahas berbagai hal, dari komik (“Kapten Bandung: Pahlawan Pembela Kebetulan”) hingga video clip, dari berbagai jenis/media kreatif hingga perilaku yang merupakan proses kreatif. Berbagai point-nya antara lain bahwa sejak didengungkannya istilah creative industry, creative economy, dsb oleh pemerintah, kesannya kreatif itu harus berakhir pada pengumpulan profit dan keuntungan finansial. Padahal tidak harus selalu seperti itu.  Juga bahwa kesannya ‘kreativitas’ adalah monopoli orang-orang yang bekerja di bidang desain, perfilman, periklanan, dll., padahal tidak: kreativitas juga harus dimiliki ilmuwan, olah ragawan, dan lain-lain, bahkan politisi (yang nggak boleh kreatif cuma militer, ya Tulz? :D). Setiap orang berhak dan dapat menjadi kreatif. Salah satu cara memancing kreativitas adalah dengan iseng dan main-main! Dan jangan sampai keterbatasan (budget, tools) membatasi proses bermain-main itu.

Menjelang berakhirnya acara, PidiBaiq datang dan ikut memberikan masukan-masukannya tentang ‘menjadi kreatif’. Pesannya di akhir acara, bila ingin berkarya ya berkarya saja, tidak perlu memusingkan kata orang. Bagaimana yang nyaman untuk kita saja, tidak perlu selalu menyenangkan orang lain! Berhubung malam makin larut, acara terpaksa dihentikan dan setiap pengunjung mendapatkan oleh-oleh dari acara AkBer ini: komik “Kapten Bandung: Komplotan Abeng” karya Motulz.

Sampai jumpa di acara di Simpul Space selanjutnya!

Twitter:

TEDxBandung: @TEDxBandung | @purianindita | @febri_ahmad

Akademi Berbagi Bandung: @akademiberbagi @ikazain @pasarsapi

@vabyo | @motulz | @pidibaiq | @LarasaTita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: