bccfbdg

Artikel Singkat & Liputan Foto Kegiatan Bebersih, Bebenah & Babaktos Hutan Babakan Siliwangi

In artikel & berita, foto program on September 18, 2011 at 9:28 am

Sejumlah Komunitas Kreatif Kota Bandung secara gotong royong berkolaborasi pada program yang bertajuk BAKSIL NU URANG yaitu program bebersih, bebenah dan babaktos Hutan Babakan Siliwangi pada hari minggu tanggal 18 september 2011. Kegiatan yang diprakarsai oleh Bandung Creative City Forum (BCCF) dan Bandung Inisiatip ini merupakan sebuah gerakan moral dan wujud kepedulian bersama dari Komunitas Kota Bandung yang peduli terhadap hutan kota. Kegiatan ini sekaligus dilakukan untuk menyambut Deklarasi Baksil sebagai Hutan Kota Dunia (World City Forest) yang akan dihadiri oleh UNEP (PBB), Presiden & Wakil Presiden RI serta Kementrian Lingkungan Hidup Indonesia pada tanggal 27 September 2011. Program World City Forest tersebut merupakan rangkaian kegiatan besar yang bernama TUNZA International Conference for Children & Youth, dimana Kota Bandung mendapat kehormatan sebagai tuan rumah yang akan dihadiri oleh sekitar 1500 anak-anak & pemuda dari 150 negara di dunia. Bahkan celebritis lingkungan dunia seperti Samuel Eto’o, Maria Sharapova & Jackie Chan direncanakan hadir di Bandung untuk memeriahkan acara TUNZA tersebut.

Kegiatan komunitas ini dimulai sejak pukul 08.00 wib yang dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu halo halo bandung. Kemudian Ridwan Kamil sebagai ketua Bandung Creative City Forum menyampaikan beberapa informasi dan pesan tentang betapa pentingnya program ini demi kelangsungan Hutan Kota Babakan Siliwangi dan nama baik Kota Bandung yang mendapat kepercayaan dari dunia internasional. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pelepasan burung dari berbagai jenis seperti burung manyar, burung kacamata, burung cak jempol, & burung piit bondol ke dalam hutan baksil. Lalu kemudian tiga ekor bajing buah pun turut dilepas ke dalam hutan baksil sebagai simbol sebuah harapan dan niat baik manusia terhadap alamnya. Akhirnya setelah semua acara ceremoni selesai, komunitas-komunitas yang hadir bahu membahu membersihkan sampah-sampah yang ada di sekitar babakan siliwangi.

Sekitar pukul 11.30 wib, kegiatan membersihkan sampah di baksil selesai dilaksanakan. Kemudian Uwa Oto, salah seorang perwakilan dari Bikers Brotherhood menyampaikan beberapa patah kata tentang dukungan terhadap program ini. Lalu Kang Firman yang mewakili Paguyuban Sepeda Baheula (PSB) pun ikut memberikan sedikit paparan tentang harapan bagi kelangsungan baksil. Lagu halo halo bandung pun kemudian dikumandangkan kembali secara bersama-sama sekaligus mengakhiri kegiatan komunitas ini. Semoga lilin-lilin kecil yang menerangi baksil tetap menyala terang agar hutan kota ini selalu ada yang peduli, merawat dan membela demi kelangsungan hidup sebuah kota yang sehat dengan paru-paru hijaunya. -gals-

(c) Bandung Creative City Forum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: