bccfbdg

PRESS RELEASE: Talk Show with Lewis Biggs, ”How art affects city development: engaging people, art and space to create a city”

In informasi program on October 28, 2011 at 12:56 am

PRESS RELEASE

 ==========

 Talk Show with Lewis Biggs

”How art affects city development:

engaging people, art and space to create a city”

 

at SimpulSpace, Jl. Dago 329, Bandung

Jumat, 28 Oktober 2011, pk.13:00-16:00

 

Creative Entrepreneur Network – Bandung Creative City Forum

British Council

 

==========

 

Di sela-sela persiapan salah satu programnya, British Council mengundang seorang tamu yang juga tokoh penting di bidang seni di akhir Oktober 2011 ini, yaitu Lewis Biggs, seseorang yang berperan besar dalam menciptakan Liverpool Biennale dan masih sangat berpengaruh di dunia seni Inggris. Lewis Biggs berhasil mengubah Liverpool, sebuah kota industri di Inggris, menjadi kota “berkesenian”. Dalam kunjungan Lewis Biggs ke Indonesia kali ini, Bandung menjadi salah satu kota tujuannya, mengingat reputasi Bandung sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia. Kesempatan ini disambut baik oleh Creative Entrepreneur Network (CEN) – Bandung Creative City Forum (BCCF), untuk bertemu, berbagi dan mendiskusikan hal-hal yang berhubungan dengan kota kreatif, terutama bagaimana karya dan aktivitas seni dapat mengubah sebuah kota menjadi kota kreatif.

Jadwal acara:

13:00 Pendaftaran peserta di SimpulSpace, Jl. Dago 329
14:00 Pengantar dari British Council dan CEN-BCCF
14:15 Sesi presentasi dan diskusi Lewis Biggs
15:30 Presentasi M Ridwan Kamil
16:00 Penutupan di SimpulSpace

Mengunjungi Kampung Dago Pojok (seberang Hotel Sheraton)
https://bandungcreativecityforum.wordpress.com/2011/10/25/launching-pembentukan-kampung-wisata-edukasi-industri-kreatif/

Lewis Biggs

Director of Tate Liverpool (1990-2000)

Exhibition officer for the Visual Arts Department of the British Council (1984 to 1987)

Gallery Coordinator for Arnolfini Gallery, Bristol (1879 to 1984)

Co-founder of The Liverpool Biennial (1998)

 

CEN-BCCF

CEN merupakan salah satu divisi program dalam BCCF, diluncurkan pada tanggal 24 Mei 2009 di Bandung. Keberadaan CEN terutama adalah untuk mewadahi berbagai jenis wirausaha kreatif komunitas yang terdapat dalam BCCF, mengingat bahwa jenis wirausaha yang satu pasti berkaitan dengan yang lain, apalagi dalam konteks industri dan ekonomi kreatif yang telah berangsur-angsur terbangun mapan di Bandung.

Tujuan didirikannya CEN adalah untuk menjadi sebuah pusat berjejaring antar pelaku ekonomi kreatif, menyediakan acara-acara untuk berjejaring, membangun keterampilan dan pengetahuan bagi wirausahawan lokal melalui workshop, seminar, klinik bisnis, dan sebagainya, dan membuat kolaborasi dengan organisasi sejenis CEN di kota-kota di negara-negara lain yang juga memiliki jejaring komunitas dan industri kreatif.

Keanggotaan CEN, selain dari anggota BCCF yang memiliki wirausaha, juga terdiri dari IKM yang merupakan jejaring CEN-BCCF, pelajar dan mahasiswa, perusahaan yang berperan sebagai mitra dan pendukung, wirausaha pemula, dan masyarakat yang merupakan pengunjung, konsumen, dan komunitas kreatif.

Program dalam CEN terbagi menjadi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, antara lain adalah membuat inventarisasi wirausaha kreatif di Bandung dan sekitarnya, membuat acara-acara di mana para wirausahawan dapat bertemu dengan konsumen maupun klien, memberikan penghargaan dan membuat jejaring berbasis internet.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: