bccfbdg

Tulisan Singkat & Foto Liputan Grand Launching Bike Sharing oleh Bike.Bdg & BCCF

In foto program, tulisan kreatif on June 22, 2012 at 7:23 am

Launching bike sharing untuk kurangi kemacetan dan sarana pariwisata Bandung.

Komunitas Bike.Bdg bekerjasama dengan Bandung Creative City Forum (BCCF) melakukan peluncuran (Grand Launching) program bike sharing pada tanggal 10 Juni 2012 yang mana sebelumnya sudah dilakukan soft launching. Acara grand launching ini didukung oleh berbagai pihak seperti Pemerintah Kota Bandung, BBC (Buah Batu Corps), Dishub Kota Bandung, Komite Sepeda Indonesia, Bank Jabar, Dinas Pertamanan Kota Bandung, PDAM, dan masih banyak lagi.

Dukungan ini juga terlihat dalam paparan yang dilakukan sebelum Grand Launching sendiri pada tanggal 8 Juni 2012, bertempat di pendopo dan dihadiri oleh pihak-pihak terkait. Paparan dipimpin langsung oleh Walikota Bandung, Dada Rosada. “Saya harap kita semua di sini dapat membantu menyukseskan Grand Launching Bike.Bdg sebagai wujud apresiasi kita akan komunitas yang peduli akan masalah kemacetan di Kota Bandung,” ungkapnya.

Pada acara Grand launching tersebut, komunitas Bike.Bdg melakukan pelepasan 100 balon sebagai simbol peluncuran program bike sharing.  Pelepasan balon tersebut dilakukan oleh Walikota Dada Rosada, Ketua Umum KSI, Dirut Harian Pikiran Rakyat, Sekjen BBC, Dirut Program BCCF Fiki Satari dan penasihat program bike sharing Ridwan Kamil. Di akhir acara Dada Rosada juga sempat mendatangi shelter yang ada dan mensimulasi proses peminjaman sepeda.

Konsep bike sharing ini dibentuk sebagai solusi alternatif untuk penyediaan transportasi sehat dan ramah lingkungan bagi penduduk kota Bandung dengan menyediakan tempat penyewaan sepeda terpadu. Aplikasi konsep ini merupakan pertama kali-nya dilaksanakan pada tingkat kota di Asia Tenggara.

Pemilihan kota Bandung sebagai tempat pengaplikasian program bike sharing ini dirasa tepat dengan mempertimbangkan infrastruktur dan kesiapan masyarakatnya yang sudah terbiasa dengan pemanfaatan sepeda sebagai alat transportasi alternatif. Ridwan kamil sebagai penasihat dalam program ini mengemukakan harapannya, “Program bike sharing harus dapat menjadi solusi dari kemacetan kota Bandung dan juga sebagai alternatif pendukung peningkatan aspek pariwisata kota”.

Untuk tahap pertama program bike sharing akan dilaksanakan di area buah batu dan dago. Saat ini program bike sharing didukung oleh infrastruktur. 10 shelter, 20 petugas pencatat dan 150 sepeda siap disewakan kepada penduduk kota Bandung. Setiap sepeda sedianya akan disewakan seharga Rp 3000 per/jam. Sebagai fungsi pengamanan inventaris, penyewa diwajibkan untuk mencatatkan identitas lengkap dan menunjukan tanda identitas diri yang valid ketika melakukan penyewaan.

Diharapkan untuk kedepannya program bike sharing ini dapat berkembang dengan dukungan masyarakat Bandung, sehingga tahapan-tahapan pengembangan jalur-jalur selanjutnya dapat terealisasi lebih cepat sehingga dapat memenuhi kebutuhan lebih banyak lagi warga Bandung. Selain itu juga diharapkan program bike sharing ini dapat menjadi salah satu alternatif masyarakat kota Bandung dalam mereduksi kemacetan yang sering terjadi. Bike sharing, selain dilaksanakan oleh bike.bdg juga mendapat dukungan dari berbagai komunitas-komunitas sepeda kota Bandung.

Pada tahap pertama ini shelter bike sharing yang sudah tersedia dan akan dioperasikan secara bertahap berada Jl. Cikapayang, dan Jl. Banteng. Serta untuk setiap minggunya akan dilakukan penambahan 2 shelter.

Bike.Bdg
“Ngabring Biking”

Contact Person:
Shitta Natashia Mahachakri
Public Relations of Bike.Bdg
+62818992492

http://bikebdg.com

Twitter: @BikeBdg

(c) APC Institute & BCCF – 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: